Jumat, 02 Mei 2014

Makalah : pengenalan dan pemilihan beberapa media pembelajaran



TUGAS KELOMPOK
 Pengenalan dan pemilihan beberapa media pembelajaran
DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH
Media pembelajaran

Disusun oleh :
Kelompok IV
AMINAH
ROHIMAH

DOSEN PENGAMPU :  FAHRINA YUTIASARI LIRI WATI. S.Hi,Mp.d

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI)
AULIAURRASYIDIN TEMBILAHAN
T A. 2012 /2013

DAFTAR ISI
DAFTAR ISI …………………………………………………………………………….i

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang ………………………………………………………………………1
1.2 Rumusan Masalah …………………………………………………………………..1

BAB II PEMBAHASAN
2.1 pengenalan media pembelajaran ……………………………………………………2
2.2 pemilihan media pembelajaran……………………………………..………………3
2.3 fungsi dan mamfaat media pembelajaran…………………………………………..5

BAB III PENUTUP
3.1Kesimpulan …………………………………………………………………………9
3.2 Saran ……………………………………………………………………………… 9

DAFTAR PUSTAKA







BAB I
PENDAHULUAN
                    
A.  Latar belakang
Pembelajaran yang efektif memerlukan perencanaan yang baik. Media yang akan digunakan dalam proses pembelajran itu juga memerlukan perencanaan yang baik. Meskipun demikian, kenyataan dilapangan menunjukan bahwa seorang guru memilih salah satu media dalam kegiatannya di kelas atas dasar pertimbangan antara lain merasa sudah akrab dengan media itu ( papan tulis atau proyektor tranpransi).media yang dipilih dapat menggambarkan dengan lebih baik dari pada dirinya sendiri misalnya diagram pada flip chart. Media yang dipilihnya dapat menarik minat dan perhatian siswa, serta menuntunnya pada penyajian yang lebih terstruktur dan terorganisasi.
Dengan pertimbangan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapakan.



B.  Rumusan masalah
1.  Bagaimana pengenalan beberapa media dalam pembelajaran…?
2.  Apa yang harus diperhatikan dalam pemilihan media untuk sebuah proses belajar mengajar…?
3.  Apa fungsi dan mamfaat dari media pembelajaran…?







BAB 11
PEMBAHASAN
PENGENALAN DAN PEMILIHAN BEBERAPA MEDIA

A. PENGENALAN BEBERAPA MEDIA
Media  pembelajaran merupakan komponen instruksional yang meliputi pesan, orang , dan peralatan.
Dalam perkembangan media pembelajaran mengikuti perkembangan teknologi. Media pembelajaran dapat dikelompokan dalam empat kelompok yaitu : media hasil teknologi  cetak, hasil teknologi yang berdasarkan computer, hasil gabungan teknologi cetak dan computer.
Teknologi cetak adalah cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi, seperti buku dan materi visual statis terutama melalui proses pencetakan mekanis atau fhoto grafis.
Teknologi cetak memiliki ciri- cirri yaitu :
a. Teks dibaca secara linear, sedangkan visual di amati berdasarkan ruang
b. Baik teks maupun visual menampilkan komunikasi arah dan reseptif
c. Teks dan visual di tampilkan statis ( diam )
d. Pengembangannya sangat tergantung kepada prinsif- prinsif kebehasaan dan tersefsi viual
e. Baik teks maupun visual berorentasi ( berpusat ) pada siswa
f. Informasi dapat di atur kembali atau di tata ulang oleh pemakai.

Teknologi audio- visual adalah cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan mesin –mesin mekanis dan elektronik untuk menyajikan pesan- pesan audio dan visual.
Ciri- ciri utama teknologi audio- visual adalah :
a. Bersifat linear
b. Menyajikan visual yang dinamis
c. Digunakan dengan cara yang telah ditetapkan sebelumnya oleh perancang atau pembnatnya.
d. Merupakan refresentasi fisik dari gagasan real dan gagasan abstak
e. Dikembangkan menurut frinsip psikologis behaviorisme dan kognitif
f. Berorentasi kepada guru dengan tingkat perlibatan intraktif murid yang rendah.

Teknologi berbasis computer merupakan cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber- sumber yang berbasis mikro- prosesor.
Cirri –ciri media yang dihasilkan teknologi berbasis computer ( baik perangkat keras maupun perangkat lunak ) adalah :
a. Dapat digunakan ecara acak, non- sekuensial atau secara linear
b. Dapat digunakan berdasarkan keinginan siswa atau berdasarkan keinginan perancang/ pengembang sebagai mana direncanakan
c. Gagasan- gagasan disajikan dalam gaya abstrak dengan kata syimbol dan grafik
d. Prinsip-prinsip ilmu kognitif untuk mengembangkan media ini
e. Pembelajaran dapat berorentasi siswa dan melibatkan intraktivitas siswa yang tinggi.
           
Teknologi gabungan adalah cara untuk menghasilkan dan menyampaikan materi yang menggabungkan pemakaian beberapa bentuk media yang dikendalikan oleh computer.
Ciri utama teknologi berbasis computer adalah:
a. Digunakan secara acak, sekuensial atau secara linear
b. Digunakan sesuai dengan keinginan siswa, bukan saja dengan cara direncanakan dan diinginkan oleh perancangnya
c. Gagasan-gagasan sering disajikan secara realistic dalam konteks pengalaman siswa, menurut apa yang relavan dengan siswa, dan dibawah pengendalian siswa
d. Pembelajaran ditata dan terpusat pada lingkup kognitif sehingga pengetahuan diketahui jika pelajaran itu digunakan
e. Bahan-bahan pelajaran melibatkan intraktivitas siswa
f. Bahan- bahan pelajaran memadukan kata dan visual dari berbagai sumber.

Pengelompokan berbagai jenis media apabila dilihat dari segi perkembangan teknologi oleh Seels dan Glasgow ( 1990: 181-183) di bagi dalam dua katagori luas yaitu pilihan media tradisional dan pilihan media mukhtahir.
1. Pilihan media tradisional
a. Visual diam yang diproyeksikan
-   Proyeksi opague ( tak tembus pandang)
-   Proyeksi obverhead
-   Slides
-   Filmstips
-    
b. Visual yang tak diproyeksikan
-   Gambar, poster
-   Foto
-   Chats, grafik dan diagram
-   Pameran,papan info, papan bulu
c. Audio
-   Rekaman piringan
-   Pita kaset,reel,cartridge
d. Penyajian multimedia
-   Silde plus suara ( tipe)
-   Multi –image
e. Visual dinamis yang di proyeksikan
-   Film
-   Televise
-   Video
f. Cetak
-   Buku teks
-   Modul, teks terprogram
-   Workbook
-   Majalah ilmiah,berkala
-   Lembaran lepas ( hand-out )
g. Permainan
-   Teka- teki
-   Simulasi
-   Permainan papan
h. Realia
-   Model
-   Specimen ( contoh )
-   Manipulative ( peta, boneka )


2. Pilihan teknologi mukhtahir
a. Media berbasis telkomunikasi
-   Telkonfren
-   Kuliah jarak jauh
b. Media berbasis mikroprosesor
-   Computer assisted instruction
-   Permainan computer
-   System tutor intelijen
-   Intraktif
-   Hypermedia
-   Compact ( video) dist.

B. PEMILIHAN MEDIA
Dari segi teori belajar, berbagai kondisi dan prinsip-prinsip psikologis yang perlu mendapat pertimbangan dalam pemilihan dan penggunaan media adalah:
1. Motivasi
Harus ada kebutuhan, minat atau keinginan untuk belajar dari pihak siswa sebelum meminta perhatiannya untuk mengerjakan tugas dan latihan.
2. Perbedaan individual
Siswa belajar dengan cara dan tingkat kecepatan yang berbeda- beda
3. Tujuan pembelajaran
Jika siswa diberitahukan apa yang diharapkan mereka belajar melalui media pembelajaran itu, kesempatan untuk berhasil dalam pembelajaran semakin besar
4. Organisasi isi
Pembelajaran akan lebih mudah jika isi dan prosedur atau keterampilan fisik yang akan dipelajari diatur dan diorganisasikan ke dalam urutan- urutan yang bermakna
5. Persiapan sebelum belajar
Siswa sebaiknya telah menguasai secara baik pelajaran dasar atau memiliki pengalaman yang diperlukan secara memadai, yang mungkin merupakan persyratan untuk menggunakan media dengan sukses.
6. Emosi
Pembelajran yang melibatkan emosi dan perasaan peribadi serta kecakapan amat berpengaruh dan bertahan.
7. Partisipasi
Agar pembelajran berlangsung dengan baik, seorang siswa harus menginternalisasi informasi, tidak sekedar diberitahukan kepadanya
8. Umpan balik
Hasil belajar dapat meningkat apabila secara berkala siswa diinformasikan kemajuan belajarnya.
9. Penguatan
Apabila siswa berhasil belajar, ia didorong untuk terus belajar.
10.     Latihan dan pengulangan
 Sesuatu hal baru jarang sekali dapat dipelajari              secara efektif hanya dengan sekali jalan
11.     Penerapan
Hasil belajar yang diinginkan adalah meningkatkan kemampuan seseorang untuk menerapkan atau mentransfer hasil belajar atau situasi baru.

Dalam pemilihan media terdapat beberapa kriteria yang patut diperhatikan dalam pemilihan media yaitu sebagai berikut:
1. Dapat menunjang tercapainya tujuan pembelajaran
2. Media yang dipilih hendaknya selalu disesuaikan dengan kemampuan siswa
3. Media yang digunakan tepat guna artinya dapat mempermudah siswa untuk memahami materi pembelajaran yang dipelajari
4. Media yang dipilih hendaknya memang tersedia artinya tersedia alat/ bahannya atau tersedia waktu untuk mempersiapkan dan menggunakannya
5. Media yang dipilih hendaknya disenangi oleh guru dan siswa
6. Persiapan dan penggunaan media hendaknya diseuaikan dengan biyaya yang tersedia

C. FUNGSI DAN MAMFAAT MEDIA PEMBELAJARAN
a. Fungsi media
Fungsi media pembelajaran di antaranya sebagai berikut:
1. Fungsi atensi
Media dapat menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrai pada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna yang ditampilkan dalam materi pembelajaran.
2. Fungsi afektif
Fungsi media dapat dilihat dari kenikmatan  siswa ketika proses belajar mengajar berlangsung
3. Fungsi kognitif
Media dapat mengungkapkan bahwa lambing visual atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dam mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar.
4. Fungsi kompensatoris
Media pembelajran terlihat dari hasil penelitian konteks untuk memahami teks, membantu siswa yang lemah dalam membaca,untuk mengorganisasikan dalam teks dan mengingatnya kembali.
5. Fungsi psikomotoris
Fungsi ini diberikan dengan maksud untuk mengarahkan siswa melakukan suatu kegiatan, terutama yang berkenaan dengan hapalan- hapalan.
6. Fungsi evaluasi
Fungsi evaluasi di maksudkan agar segala kegiatan belajar mengajar yang telah dilaksanakan dapat dilakukan penilaian kemampuan siswa dalam merespon pembelajaran.

b. Mamfaat media pembelajaran
Mamfaat media pembelajaran yang telah terakumulasi dari beberapa pendapat para pakar adalah:
1. Penyampain materi dapat diseragamkan
2. Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik
3. Proses pembelajran menjadi  lebih intaktif
4. Efisiensi dalam waktu dan tenaga
5. Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa
6. Media memungkinkan proses belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja
7. Media dapat menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar
8. Mengubah peran guru kea rah yang lebih positif dan produktif



BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Media pembelajaran merupakan komponen instruksional yang meliputi pesan, orang, dan peralatan.
Media pembelajaran dapat dikelompokan dalam empat kelompok yaitu : media hasil teknologi cetak, media hasil teknologi audio- visual, hasil teknologi yang berdasarkan computer, hasil gabungan teknologi cetak dan computer.
Pengelompokan berbagai jeni media apabila dilihat dari segi pengembangan teknologi oleh seels dan Glasgow di bagi dalam dua katagori luas yaitu : pilihan media tradisional dan pilihan media teknologi mukhtahir.


B. Saran
Dari isi makalah yang kami tulis ini pastinya masih banyak kesalahan dan kekurangan kepada pembaca mohon saran dan keritikannya demi untuk perbaiakan makalah kami berikutnya. Semoga penjelasan makalah ini dapat berguna dan bermamfaat bagi kita semua.








DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, azhar. 2010. Media pembelajaran. Jakarta : rajawali pres.
sulaiman- ump.blogspot.com/2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar