TUGAS KELOMPOK
Pengenalan
dan pemilihan beberapa media pembelajaran
DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH
Media pembelajaran
Disusun oleh :
Kelompok IV
AMINAH
ROHIMAH
DOSEN PENGAMPU :
FAHRINA YUTIASARI LIRI WATI. S.Hi,Mp.d
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI)
AULIAURRASYIDIN TEMBILAHAN
T A. 2012 /2013
DAFTAR ISI
DAFTAR ISI …………………………………………………………………………….i
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang ………………………………………………………………………1
1.2
Rumusan Masalah …………………………………………………………………..1
BAB II PEMBAHASAN
2.1
pengenalan media pembelajaran ……………………………………………………2
2.2
pemilihan media pembelajaran……………………………………..………………3
2.3 fungsi dan mamfaat media pembelajaran…………………………………………..5
BAB III PENUTUP
3.1Kesimpulan
…………………………………………………………………………9
3.2
Saran ……………………………………………………………………………… 9
DAFTAR
PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
belakang
Pembelajaran yang
efektif memerlukan perencanaan yang baik. Media yang akan digunakan dalam
proses pembelajran itu juga memerlukan perencanaan yang baik. Meskipun
demikian, kenyataan dilapangan menunjukan bahwa seorang guru memilih salah satu
media dalam kegiatannya di kelas atas dasar pertimbangan antara lain merasa
sudah akrab dengan media itu ( papan tulis atau proyektor tranpransi).media
yang dipilih dapat menggambarkan dengan lebih baik dari pada dirinya sendiri
misalnya diagram pada flip chart. Media yang dipilihnya dapat menarik minat dan
perhatian siswa, serta menuntunnya pada penyajian yang lebih terstruktur dan
terorganisasi.
Dengan pertimbangan
ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dalam mencapai tujuan yang telah
ditetapakan.
B. Rumusan masalah
1. Bagaimana pengenalan beberapa media dalam
pembelajaran…?
2. Apa yang harus diperhatikan dalam pemilihan
media untuk sebuah proses belajar mengajar…?
3. Apa fungsi dan mamfaat dari media
pembelajaran…?
BAB
11
PEMBAHASAN
PENGENALAN
DAN PEMILIHAN BEBERAPA MEDIA
A.
PENGENALAN BEBERAPA MEDIA
Media pembelajaran
merupakan komponen instruksional yang meliputi pesan, orang , dan peralatan.
Dalam perkembangan media pembelajaran mengikuti perkembangan
teknologi. Media pembelajaran dapat dikelompokan dalam empat kelompok yaitu :
media hasil teknologi cetak, hasil
teknologi yang berdasarkan computer, hasil gabungan teknologi cetak dan
computer.
Teknologi cetak adalah cara untuk menghasilkan atau menyampaikan
materi, seperti buku dan materi visual statis terutama melalui proses
pencetakan mekanis atau fhoto grafis.
Teknologi cetak memiliki ciri- cirri yaitu :
a.
Teks dibaca secara linear, sedangkan visual di amati
berdasarkan ruang
b.
Baik teks maupun visual menampilkan komunikasi arah
dan reseptif
c.
Teks dan visual di tampilkan statis ( diam )
d.
Pengembangannya sangat tergantung kepada prinsif-
prinsif kebehasaan dan tersefsi viual
e.
Baik teks maupun visual berorentasi ( berpusat )
pada siswa
f.
Informasi dapat di atur kembali atau di tata ulang
oleh pemakai.
Teknologi audio- visual adalah cara menghasilkan atau
menyampaikan materi dengan menggunakan mesin –mesin mekanis dan elektronik untuk
menyajikan pesan- pesan audio dan visual.
Ciri- ciri utama teknologi audio- visual adalah :
a.
Bersifat linear
b.
Menyajikan visual yang dinamis
c.
Digunakan dengan cara yang telah ditetapkan
sebelumnya oleh perancang atau pembnatnya.
d.
Merupakan refresentasi fisik dari gagasan real dan
gagasan abstak
e.
Dikembangkan menurut frinsip psikologis behaviorisme
dan kognitif
f.
Berorentasi kepada guru dengan tingkat perlibatan
intraktif murid yang rendah.
Teknologi berbasis computer merupakan cara menghasilkan atau
menyampaikan materi dengan menggunakan sumber- sumber yang berbasis mikro-
prosesor.
Cirri –ciri media yang dihasilkan teknologi berbasis computer (
baik perangkat keras maupun perangkat lunak ) adalah :
a.
Dapat digunakan ecara acak, non- sekuensial atau
secara linear
b.
Dapat digunakan berdasarkan keinginan siswa atau
berdasarkan keinginan perancang/ pengembang sebagai mana direncanakan
c.
Gagasan- gagasan disajikan dalam gaya abstrak dengan
kata syimbol dan grafik
d.
Prinsip-prinsip ilmu kognitif untuk mengembangkan
media ini
e.
Pembelajaran dapat berorentasi siswa dan melibatkan
intraktivitas siswa yang tinggi.
Teknologi gabungan adalah cara untuk menghasilkan dan
menyampaikan materi yang menggabungkan pemakaian beberapa bentuk media yang
dikendalikan oleh computer.
Ciri utama teknologi berbasis computer adalah:
a.
Digunakan secara acak, sekuensial atau secara linear
b.
Digunakan sesuai dengan keinginan siswa, bukan saja
dengan cara direncanakan dan diinginkan oleh perancangnya
c.
Gagasan-gagasan sering disajikan secara realistic
dalam konteks pengalaman siswa, menurut apa yang relavan dengan siswa, dan
dibawah pengendalian siswa
d.
Pembelajaran ditata dan terpusat pada lingkup
kognitif sehingga pengetahuan diketahui jika pelajaran itu digunakan
e.
Bahan-bahan pelajaran melibatkan intraktivitas siswa
f.
Bahan- bahan pelajaran memadukan kata dan visual
dari berbagai sumber.
Pengelompokan berbagai jenis media apabila dilihat dari segi
perkembangan teknologi oleh Seels dan Glasgow ( 1990: 181-183) di bagi dalam
dua katagori luas yaitu pilihan media tradisional dan pilihan media mukhtahir.
1.
Pilihan media tradisional
a.
Visual diam yang diproyeksikan
-
Proyeksi opague ( tak tembus pandang)
-
Proyeksi obverhead
-
Slides
-
Filmstips
-
b.
Visual yang tak diproyeksikan
-
Gambar, poster
-
Foto
-
Chats, grafik dan diagram
-
Pameran,papan info, papan bulu
c.
Audio
-
Rekaman piringan
-
Pita kaset,reel,cartridge
d.
Penyajian multimedia
-
Silde plus suara ( tipe)
-
Multi –image
e.
Visual dinamis yang di proyeksikan
-
Film
-
Televise
-
Video
f.
Cetak
-
Buku teks
-
Modul, teks terprogram
-
Workbook
-
Majalah ilmiah,berkala
-
Lembaran lepas ( hand-out )
g.
Permainan
-
Teka- teki
-
Simulasi
-
Permainan papan
h.
Realia
-
Model
-
Specimen ( contoh )
-
Manipulative ( peta, boneka )
2.
Pilihan teknologi mukhtahir
a.
Media berbasis telkomunikasi
-
Telkonfren
-
Kuliah jarak jauh
b.
Media berbasis mikroprosesor
-
Computer assisted instruction
-
Permainan computer
-
System tutor intelijen
-
Intraktif
-
Hypermedia
-
Compact ( video) dist.
B. PEMILIHAN MEDIA
Dari segi teori belajar, berbagai kondisi dan prinsip-prinsip
psikologis yang perlu mendapat pertimbangan dalam pemilihan dan penggunaan
media adalah:
1.
Motivasi
Harus ada kebutuhan, minat atau
keinginan untuk belajar dari pihak siswa sebelum meminta perhatiannya untuk
mengerjakan tugas dan latihan.
2.
Perbedaan individual
Siswa belajar dengan cara dan
tingkat kecepatan yang berbeda- beda
3.
Tujuan pembelajaran
Jika siswa diberitahukan apa yang
diharapkan mereka belajar melalui media pembelajaran itu, kesempatan untuk
berhasil dalam pembelajaran semakin besar
4.
Organisasi isi
Pembelajaran akan lebih mudah jika
isi dan prosedur atau keterampilan fisik yang akan dipelajari diatur dan
diorganisasikan ke dalam urutan- urutan yang bermakna
5.
Persiapan sebelum belajar
Siswa sebaiknya telah menguasai secara baik
pelajaran dasar atau memiliki pengalaman yang diperlukan secara memadai, yang
mungkin merupakan persyratan untuk menggunakan media dengan sukses.
6.
Emosi
Pembelajran yang melibatkan emosi dan perasaan peribadi serta kecakapan amat berpengaruh
dan bertahan.
7.
Partisipasi
Agar pembelajran berlangsung dengan baik, seorang
siswa harus menginternalisasi informasi, tidak sekedar diberitahukan kepadanya
8.
Umpan balik
Hasil belajar dapat meningkat apabila secara berkala
siswa diinformasikan kemajuan belajarnya.
9.
Penguatan
Apabila siswa berhasil belajar, ia didorong untuk
terus belajar.
10.
Latihan dan pengulangan
Sesuatu hal baru jarang sekali dapat
dipelajari secara efektif
hanya dengan sekali jalan
11.
Penerapan
Hasil belajar yang diinginkan adalah meningkatkan
kemampuan seseorang untuk menerapkan atau mentransfer hasil belajar atau
situasi baru.
Dalam pemilihan media terdapat
beberapa kriteria yang patut diperhatikan dalam pemilihan media yaitu sebagai
berikut:
1.
Dapat menunjang tercapainya tujuan pembelajaran
2.
Media yang dipilih hendaknya selalu disesuaikan
dengan kemampuan siswa
3.
Media yang digunakan tepat guna artinya dapat
mempermudah siswa untuk memahami materi pembelajaran yang dipelajari
4.
Media yang dipilih hendaknya memang tersedia artinya
tersedia alat/ bahannya atau tersedia waktu untuk mempersiapkan dan
menggunakannya
5.
Media yang dipilih hendaknya disenangi oleh guru dan
siswa
6.
Persiapan dan penggunaan media hendaknya diseuaikan
dengan biyaya yang tersedia
C. FUNGSI DAN
MAMFAAT MEDIA PEMBELAJARAN
a.
Fungsi media
Fungsi media pembelajaran di antaranya sebagai
berikut:
1.
Fungsi atensi
Media dapat menarik dan mengarahkan perhatian siswa
untuk berkonsentrai pada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna yang
ditampilkan dalam materi pembelajaran.
2.
Fungsi afektif
Fungsi media dapat dilihat dari kenikmatan siswa ketika proses belajar mengajar
berlangsung
3.
Fungsi kognitif
Media dapat mengungkapkan bahwa lambing visual atau
gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dam mengingat informasi
atau pesan yang terkandung dalam gambar.
4.
Fungsi kompensatoris
Media pembelajran terlihat dari hasil penelitian
konteks untuk memahami teks, membantu siswa yang lemah dalam membaca,untuk
mengorganisasikan dalam teks dan mengingatnya kembali.
5.
Fungsi psikomotoris
Fungsi ini diberikan dengan maksud untuk mengarahkan
siswa melakukan suatu kegiatan, terutama yang berkenaan dengan hapalan-
hapalan.
6.
Fungsi evaluasi
Fungsi evaluasi di maksudkan agar segala kegiatan
belajar mengajar yang telah dilaksanakan dapat dilakukan penilaian kemampuan
siswa dalam merespon pembelajaran.
b.
Mamfaat media pembelajaran
Mamfaat media pembelajaran yang telah terakumulasi
dari beberapa pendapat para pakar adalah:
1.
Penyampain materi dapat diseragamkan
2.
Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik
3.
Proses pembelajran menjadi lebih intaktif
4.
Efisiensi dalam waktu dan tenaga
5.
Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa
6.
Media memungkinkan proses belajar dapat dilakukan
dimana saja dan kapan saja
7.
Media dapat menumbuhkan sikap positif siswa terhadap
materi dan proses belajar
8.
Mengubah peran guru kea rah yang lebih positif dan
produktif
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Media pembelajaran merupakan komponen instruksional yang
meliputi pesan, orang, dan peralatan.
Media pembelajaran dapat dikelompokan dalam empat kelompok yaitu
: media hasil teknologi cetak, media hasil teknologi audio- visual, hasil
teknologi yang berdasarkan computer, hasil gabungan teknologi cetak dan
computer.
Pengelompokan berbagai jeni media apabila dilihat dari segi
pengembangan teknologi oleh seels dan Glasgow di bagi dalam dua katagori luas
yaitu : pilihan media tradisional dan pilihan media teknologi mukhtahir.
B. Saran
Dari isi makalah yang kami tulis ini pastinya masih banyak
kesalahan dan kekurangan kepada pembaca mohon saran dan keritikannya demi untuk
perbaiakan makalah kami berikutnya. Semoga penjelasan makalah ini dapat berguna
dan bermamfaat bagi kita semua.
DAFTAR
PUSTAKA
Arsyad,
azhar. 2010. Media pembelajaran.
Jakarta : rajawali pres.
sulaiman-
ump.blogspot.com/2011.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar