TUGAS KELOMPOK
Menulis rpp
sesuai materi aqidah akhlak mi
DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH
Pembelajaran aqidah akhlak
Disusun oleh :
Kelompok xv/15
AMINAH
NIGA NOVIA
DOSEN
PENGAMPU : ARMIZI,S.Pd.i. M.A
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI)
AULIAURRASYIDIN TEMBILAHAN
T A. 2013 /2014
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kami ucapkan kepada Allah SWT karena atas Rahmat dan karunia-nyalah kami
berhasil menyelesaikan Makalah “Pembelajaran
Aqidah Akhlak” yang berjudul “Menulis Rpp Sesuai Materi Aqidah Akhlak MI
“ tepat pada waktu yang telah ditentukan.
Shalawat dan salam tak lupa juga kami hadiahkan untuk Nabi Muhammad SAW karena
berkat beliaulah kita dituntun dari zaman kebodohan menuju zaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan.
Isi
dari makalah yang telah kami tulis dan kami rangkum ini pastinya masih jauh
dari kesempurnaan Oleh karena itu, Kami sangat membutuhkan kritik dan saran
yang bersifat membangun dari para pembaca untuk memperbaiki makalah ini.
Semoga
makalah ini bermanfaat dan dapat
menambah wawasan bagi kita semua Amin…
Tembilahan,
27 Desember 2013
Penulis
Kelompok 15
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Seorang guru yang memasuki kelas
tanpa kesiapan, maka ia harus siap keluar kelas tanpa kehormatan dan kewibawan.
Hal ini adalah wajar, karena peserta didik dapat menilai dan melihat langsung
para gurunya yang siap mengajar atau tidak.
Seorang guru harus mempunyai sejumlah kiat dalam
pembelajaran. Kiat yang dimiliki bukan saja hanya untuk mencapai tujuan
pembelajaran. Tetapi lebih jauh dari itu adalah dalam rangka menumbuhkan
semangat belajar siswa. Seorang guru yang berkompetensi, cerdas, dan
professional. Memiliki kiat khusus dalam kelas. Dengan demikian guru akan
menjadi orang yang dirindukan kehadirannya di kelas. Kalau demikian halnya
seberat apapun bidang studi yang diajarkan
akan diminati dan dianggap ringan
oleh siswa.
Dan untuk mencapai hasil seperti
diatas seorang guru harus memprogamkan dan merencanakan kegiatan
belajar dan mengajarnya
melalui pembuatan silabus dan
mengembangkannya ke dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau yang sejenisya. Karena semuanya
itu sebenarnya adalah tugas pokok
guru sebagai administrator kelas untuk mencapai hasil yang optimal dalam
suatu peristiwa pembelajaran.
Selain itu
juga seorang guru juga harus pandai-pandai dalam memilih
dan menggunakan metode mengajarnya. Jangan sampai guru hanya berperan sebagai pekerja
teknik D3PL ( Datang, Duduk, Dengar, Pulang dan Lupa). Karna memang tidak dapat
dipungkiri keberhasilan suatu proses aktivitas pendidikan akan selalu
dipengaruhi beberapa factor, antara lain yaitu faktor guru.
b.
Rumusan Masalah
1. Apakah Pengertian Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP)
2. Apakah Komponen
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
3. bagaimana membuat Rpp sesuai
materi aqidah akhlak
BAB
II
PEMBAHASAN
MENULIS
RPP SESUAI MATERI AQIDAH AKHLAK MI
A.
Pengertian
Rpp
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan
pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang
ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang
terdiri atas 1 (satu) indikator atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali
pertemuan atau lebih. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sekurang-kurangnya
memuat tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar,dan
penilaian hasil belajar.Berdasarkan PP 19 Tahun 2005 Pasal 20 dinyatakan bahwa:
”Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan
pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar,
metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar”.
Sesuai dengan Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007
tentang Standar Proses dijelaskan bahwa RPP dijabarkan dari silabus untuk
mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD. Setiap guru
pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis
agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan,
menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta
memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai
dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik[1].
B.
Komponen Yang Harus Ada Di Rpp
1.
Identitas mata pelajaran
Nama sekolah :........................
Mata pelajaran :.........................
Kelas/ semester :.........................
Tahun pelajaran :........................
2.
Standar kompetensi (SK)
Standar kompetensi merupakan kualifikasi
kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan,
sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan/atau
semester pada suatu mata pelajaran.
3.
Kompetensi dasar (KD)
Kompetensi dasar,adalah sejumlah kemampuan yang
harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan
penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.
4.
Indikator pencapaian kompetensi,
adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi
untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan
penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan
menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup
pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
5.
Tujuan pembelajaran
tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.
tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.
6.
Materi ajar
memuat fakta,
konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk
butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.
7.
Alokasi waktu
ditentukan
sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar.
8.
Metode pembelajaran
Metode
pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan hasil pembelajaran yang
maksimal.
9.
Pelaksanaan pembelajaran
Untuk
melaksanakan pembelajaran, dilakukan melalui tiga tahap: pendahuluan, inti
dalam pembelajaran, dan penutup.
10. Penilaian hasil
belajar
Prosedur dan
instrumen penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indikator
pencapaian kompetensi dan mengacu kepada Standar Penilaian.[2]
11. Sumber belajar
Penentuan
sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta
materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.
C.
Prinsip-Prinsip
Penyusunan Rpp
1.
Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
2.
Mendorong partisipasi aktif peserta didik
3.
Mengembangkan budaya membaca dan menulis
4.
Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
5.
Keterkaitan dan keterpaduan
6.
Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
D.
CONTOH RPP AQIDAH AKHLAK
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Nama Madrasah :
Madrash ibtidaiyah
Mata Pelajaran :
Aqidah Akhlak
Kelas :
V/11
Semester :
(Ganjil)
Tahun pelajaran :
2013/2014
Alokasi waktu :
2 x 35 menit
Standar Kompetensi: Menghindari
akhlak tercela.
Kompetensi Dasar: Membiasakan
diri menghindari sifat marah
Indikator
ü Menjelaskan pengertian sifat marah
ü Menyebutkan tanda- tanda orang yang
sedang marah
ü Menjauhkan diri dari sifat marah
1.Tujuan pembelajaran
ü Siswa mampu Menjelaskan pengertian
sifat marah
ü Siswa mampu Menyebutkan tanda- tanda
orang yang sedang marah
ü Siswa mampu Menjauhkan diri dari
sifat marah
v Karakter siswa yang diharapkan:
Disiplin,rasa hormat, perhatian,tekun,dan tanggung jawab.
II. Materi
Pembelajaran
v Menghindari sifat marah
III. Metode
Pembelajaran
Ø
Ceramah
Ø
Tanya
jawab
Ø
penugasan
IV. Langkah Langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan
awal (15 menit)
a. Menarik perhatian siswa
Ø Mengucapkan salam dan menyapa siswa
Ø Membaca basmalah dan berdo’a sebelum belajar
b. Mengabsen siswa
c. Motivasi
Ø
Guru
bertanya kepada siswa: sudah siap
untuk belajar hari ini ? (semangat dan antusias)
d. Apersepsi
Ø Guru
memberikan gambaran kepada siswa
tentang materi yang akan diajarkan.
e.
Memberikan acuan dengan menuliskan pokok bahasan (materi pelajaran)
2. Kegiatan inti (40 menit)
a. Eksplorasi
§
Guru
menampilkan media gambar tentang akhlak tercela
§
Guru
menggali pengetahuan siswa tentang materi yang akan diajarkan
§
Guru
menjelaskan pengertian sifat marah
§
Guru
menyebutkan tanda- tanda orang yang sedang marah
§
Guru
memotivasi siswa agar menjauhi sifat marah
b. Elaborasi
§
Siswa
menyimak dan mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian sifat marah
§ Menyebutkan kembali tanda- tanda orang yang sedang marah yang telah
dijelaskan oleh guru
c. Konfirmasi
Ø Guru bertanya jawab tentang hal- hal yang belum diketahui siswa
Ø Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalah pahaman,
memberikan penguatandan penyimpulan.
3. Kegiatan akhir (15 menit)
a. Guru dan siswa
menyimpulkan materi pelajaran
b. Evaluasi
c. Menutup pembelajaran dengan mengucapkan hamdalah, dan memberi salam
V. Sumber /alat
belajar/media
Ø Buku paket aqidah akhlak kelas V MI
Ø Papan tulis.spidol
Ø Gambar/poster
VI. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
§ Menjelaskan pengertian sifat marah
§ Menyebutkan tanda- tanda orang yang sedang marah
|
Tertulis
Tertulis
|
essay
essay
|
1.
Jelaskan pengertian sifat marah...?
2.
Sebutkan 5 tanda- tanda orang yang sedang marah..?
|
Jawaban :
1.
Marah
adalah perasaan tidak senang terhadap orang lain yang tidak sependapat dengan
kehendaknya.
2.
Tanda-
tanda orang yang sedang marah
a.
Muka
dan matanya merah
b.
Tangannya
mengepal
c.
Bibirnya
bergetar
d.
Mengeluarkan
kata-kata kotor dan tidak sopan
e.
Suka
menendang dan memukul benda disekitarnya
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada hakikatnya merupakan perencanaan jangka
pendek untuk memperkirakan atau memproyeksikan apa yang akan dilakukan dalam
pembelajaran. Dengan demikian, RPP merupakan upaya untuk memperkirakan tindakan
yang akan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran. RPP perlu dikembangkan untuk
mengkoordinasikan komponen pembelajaran, yakni: kompetensi dasar, materi
standar, indikator, dan penilaian. Kompetensi dasar berfungsi mengembangkan
potensi peserta didik. Materi standar berfungsi memberi makna terhadap
kompetensi dasar. Indikator berfungsi menunjukkan keberhasilan pembentukan
kompetensi peserta didik. Penilaian berfungsi mengukur pembentukan kompetensi,
dan menentukan tindakan yang harus dilakukan apabila kompetensi standar belum
terbentuk atau belum tercapai.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berisi garis besar (outline) apa yang akan dikerjakan
oleh guru dan peserta didik selama
proses pembelajaran, baik untuk satu kali pertemuan maupun meliputi beberapa
kali pertemuan.
B.
SARAN
Sebagai
seorang calon guru kita hendaknya dapat memahami apa yang disebut dengan
rencana pelaksanaan pembelajaran atau yang disingkat dengan Rpp agar dalam
merencanakan proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan
tujuan yang ingin dicapai terlebih lagi dalam membuat rpp akidah akhlak.
Harrah's Hotel & Casino - MapyRO
BalasHapusFind Harrah's 충청북도 출장마사지 Hotel & Casino locations, 전주 출장마사지 rates, amenities: expert Harrah's research, only at Hotel and Travel Index. Harrah's Casino: 715 평택 출장안마 Canal St. 의왕 출장마사지 Harrah's 태백 출장안마 Casino