Jumat, 02 Mei 2014

Makalah : menulis rpp sesuai materi aqidah akhlak MI



TUGAS KELOMPOK
 Menulis rpp sesuai materi aqidah akhlak mi
DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH
Pembelajaran aqidah akhlak

Disusun oleh :
Kelompok xv/15
AMINAH
NIGA NOVIA

                       DOSEN PENGAMPU : ARMIZI,S.Pd.i. M.A

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI)
AULIAURRASYIDIN TEMBILAHAN
T A. 2013 /2014


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami ucapkan kepada Allah SWT karena atas Rahmat dan karunia-nyalah kami berhasil menyelesaikan Makalah “Pembelajaran Aqidah Akhlak” yang berjudul  Menulis Rpp Sesuai Materi Aqidah Akhlak MI  tepat pada waktu yang telah ditentukan. Shalawat dan salam tak lupa juga kami hadiahkan untuk Nabi Muhammad SAW karena berkat beliaulah kita dituntun dari zaman kebodohan menuju zaman yang  penuh dengan ilmu pengetahuan.
Isi dari makalah yang telah kami tulis dan kami rangkum ini pastinya masih jauh dari kesempurnaan Oleh karena itu, Kami sangat membutuhkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari para pembaca untuk memperbaiki makalah ini.
Semoga makalah ini bermanfaat  dan dapat menambah wawasan bagi kita semua  Amin…


Tembilahan, 27 Desember 2013


                                                                                                                              Penulis
                                                                                                                           Kelompok 15












BAB I
PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG
Seorang guru yang memasuki kelas tanpa kesiapan, maka ia harus siap keluar kelas tanpa kehormatan dan kewibawan. Hal ini adalah wajar, karena peserta didik dapat menilai dan melihat langsung para gurunya yang siap mengajar atau tidak.
Seorang guru harus mempunyai sejumlah kiat dalam pembelajaran. Kiat yang dimiliki bukan saja hanya untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tetapi  lebih  jauh dari itu adalah dalam rangka menumbuhkan semangat belajar siswa. Seorang guru yang berkompetensi, cerdas, dan professional. Memiliki  kiat  khusus dalam kelas. Dengan demikian guru akan menjadi orang yang dirindukan kehadirannya di kelas. Kalau demikian halnya seberat apapun bidang studi yang diajarkan  akan  diminati dan dianggap ringan oleh siswa.
Dan untuk mencapai hasil seperti diatas seorang  guru harus  memprogamkan dan merencanakan   kegiatan  belajar   dan  mengajarnya   melalui  pembuatan silabus dan mengembangkannya ke dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)  atau yang sejenisya. Karena  semuanya  itu sebenarnya adalah  tugas pokok guru sebagai  administrator  kelas untuk mencapai hasil yang optimal dalam suatu peristiwa pembelajaran.
Selain   itu   juga   seorang  guru juga harus pandai-pandai dalam memilih dan menggunakan  metode  mengajarnya. Jangan  sampai guru hanya berperan sebagai pekerja teknik D3PL ( Datang, Duduk, Dengar, Pulang dan Lupa). Karna memang tidak  dapat  dipungkiri keberhasilan suatu proses aktivitas pendidikan akan selalu dipengaruhi beberapa factor, antara lain yaitu faktor guru.

b. Rumusan Masalah
    1. Apakah Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
     2. Apakah Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
3. bagaimana membuat Rpp sesuai materi aqidah akhlak




BAB II
PEMBAHASAN
MENULIS RPP SESUAI MATERI AQIDAH AKHLAK MI

A.    Pengertian Rpp
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) indikator atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sekurang-kurangnya memuat tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar,dan penilaian hasil belajar.Berdasarkan PP 19 Tahun 2005 Pasal 20 dinyatakan bahwa: ”Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar,       dan      penilaian     hasil     belajar”.
Sesuai dengan Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses dijelaskan bahwa RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD. Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik[1].
B.     Komponen Yang Harus Ada Di Rpp
1.      Identitas mata pelajaran
Nama sekolah         :........................
Mata pelajaran        :.........................
Kelas/ semester       :.........................
Tahun pelajaran      :........................

2.      Standar kompetensi (SK)
Standar kompetensi merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan/atau semester pada suatu mata pelajaran.
3.      Kompetensi dasar (KD)
Kompetensi dasar,adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.
4.      Indikator pencapaian kompetensi,
adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
5.      Tujuan pembelajaran
tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.
6.      Materi ajar
memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.
7.      Alokasi waktu
ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar.
8.      Metode pembelajaran
Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan hasil pembelajaran yang maksimal.
9.      Pelaksanaan pembelajaran
Untuk melaksanakan pembelajaran, dilakukan melalui tiga tahap: pendahuluan, inti dalam pembelajaran, dan penutup.
10.  Penilaian hasil belajar
Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada Standar Penilaian.[2]

11.  Sumber belajar
Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.
C.    Prinsip-Prinsip Penyusunan Rpp
1.    Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
2.    Mendorong partisipasi aktif peserta didik
3.    Mengembangkan budaya membaca dan menulis
4.    Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
5.    Keterkaitan dan keterpaduan
6.    Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi

D.    CONTOH RPP AQIDAH AKHLAK
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Nama Madrasah       : Madrash ibtidaiyah
Mata Pelajaran          : Aqidah Akhlak
Kelas                           : V/11
Semester                     : (Ganjil)
Tahun pelajaran       : 2013/2014
Alokasi waktu            : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi: Menghindari akhlak tercela.
Kompetensi Dasar: Membiasakan diri menghindari sifat marah 
Indikator
ü  Menjelaskan pengertian sifat marah
ü  Menyebutkan tanda- tanda orang yang sedang marah
ü  Menjauhkan diri dari sifat marah
1.Tujuan pembelajaran
ü  Siswa mampu Menjelaskan pengertian sifat marah
ü  Siswa mampu Menyebutkan tanda- tanda orang yang sedang marah
ü  Siswa mampu Menjauhkan diri dari sifat marah
v  Karakter siswa yang diharapkan:
Disiplin,rasa hormat, perhatian,tekun,dan tanggung jawab.
           
II. Materi Pembelajaran
v  Menghindari sifat marah

III. Metode Pembelajaran
Ø Ceramah
Ø Tanya jawab
Ø penugasan
IV. Langkah Langkah Pembelajaran
1.    Kegiatan awal (15 menit)
a. Menarik perhatian siswa
Ø  Mengucapkan salam dan menyapa siswa
Ø  Membaca basmalah dan berdo’a sebelum belajar
b. Mengabsen siswa
c. Motivasi
Ø  Guru bertanya kepada siswa:  sudah siap untuk belajar hari ini ? (semangat dan antusias)
d. Apersepsi
Ø  Guru memberikan gambaran kepada siswa tentang materi yang akan diajarkan.

e. Memberikan acuan dengan menuliskan pokok bahasan (materi pelajaran)

2. Kegiatan inti (40 menit)
a. Eksplorasi
§   Guru menampilkan media gambar tentang akhlak tercela
§   Guru menggali pengetahuan siswa tentang materi yang akan diajarkan
§   Guru menjelaskan pengertian sifat marah
§   Guru menyebutkan tanda- tanda orang yang sedang marah
§   Guru memotivasi siswa agar menjauhi sifat marah
b. Elaborasi
§   Siswa menyimak dan mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian sifat marah
§  Menyebutkan kembali tanda- tanda orang yang sedang marah yang telah dijelaskan oleh guru
c. Konfirmasi
Ø  Guru bertanya jawab tentang hal- hal yang belum diketahui siswa
Ø  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalah pahaman, memberikan penguatandan penyimpulan.
         3. Kegiatan akhir (15 menit)
a. Guru dan siswa  menyimpulkan  materi pelajaran
b. Evaluasi
c. Menutup pembelajaran dengan mengucapkan hamdalah, dan memberi salam
V. Sumber /alat belajar/media
Ø  Buku paket aqidah akhlak kelas V MI
Ø  Papan tulis.spidol
Ø  Gambar/poster
VI. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik

Penilaian
Bentuk

Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menjelaskan pengertian sifat marah

§  Menyebutkan tanda- tanda orang yang sedang marah

Tertulis



Tertulis

essay



          essay


1.      Jelaskan pengertian sifat marah...?
2.      Sebutkan 5 tanda- tanda orang yang sedang marah..?




Jawaban :
1.      Marah adalah perasaan tidak senang terhadap orang lain yang tidak sependapat dengan kehendaknya.
2.      Tanda- tanda orang yang sedang marah
a.      Muka dan matanya merah
b.      Tangannya mengepal
c.       Bibirnya bergetar
d.      Mengeluarkan kata-kata kotor dan tidak sopan
e.       Suka menendang dan memukul benda disekitarnya

BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada hakikatnya merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan atau memproyeksikan apa yang akan dilakukan dalam pembelajaran. Dengan demikian, RPP merupakan upaya untuk memperkirakan tindakan yang akan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran. RPP perlu dikembangkan untuk mengkoordinasikan komponen pembelajaran, yakni: kompetensi dasar, materi standar, indikator, dan penilaian. Kompetensi dasar berfungsi mengembangkan potensi peserta didik. Materi standar berfungsi memberi makna terhadap kompetensi dasar. Indikator berfungsi menunjukkan keberhasilan pembentukan kompetensi peserta didik. Penilaian berfungsi mengukur pembentukan kompetensi, dan menentukan tindakan yang harus dilakukan apabila kompetensi standar belum terbentuk atau belum tercapai.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berisi garis besar (outline) apa yang akan dikerjakan oleh guru dan peserta didik  selama proses pembelajaran, baik untuk satu kali pertemuan maupun meliputi beberapa kali pertemuan.

B.     SARAN
Sebagai seorang calon guru kita hendaknya dapat memahami apa yang disebut dengan rencana pelaksanaan pembelajaran atau yang disingkat dengan Rpp agar dalam merencanakan proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai terlebih lagi dalam membuat rpp akidah akhlak.


[1] Faizalnizbah.blogspot.com/2013/09/pengertian komponen dan prinsip penyusunan Rpp
[2] Najib sulhan dkk,Panduan Mengajar Akidah Akhlak (surabaya: zikrul hakim,2012),hlm 61-62

1 komentar:

  1. Harrah's Hotel & Casino - MapyRO
    Find Harrah's 충청북도 출장마사지 Hotel & Casino locations, 전주 출장마사지 rates, amenities: expert Harrah's research, only at Hotel and Travel Index. Harrah's Casino: 715 평택 출장안마 Canal St. 의왕 출장마사지 Harrah's 태백 출장안마 Casino

    BalasHapus